Laman

Senin, 11 Maret 2013

MANDAR

SALAH SATU LAGU DAERAH MANDAR
Untuk IPURA PARA’ BUE

Tandi-tandi dza iyau
Anna leppang mandundu
Muirrangngi bwappa
Anna bilu manao pa'mai'mu

Sayang rannu dza palakang
Di pessungan di lino
Tinja tyandottong
Nadzi bwabwa dzi anja'

Pallamo i'o palakang
I'dama musaile
Tanda palla'mu
I'da missang murupa

Bengamma todzi sallambar
Ra'basna belua'mu
Naupakemi iyau
Nauwala mattinaung nyawau

Artinya
Aku hanya berpura-pura
Sekedar singgah untuk bernyanyi
Semoga engkau mendengarkan
Kemudian timbul rasa sayangmu

Ternyata hanya rasa kecewa
Yang aku bawa kedunia ini
Niat tak kesampaian
Akan kubawa menjelang ajal

Engkau sudah melupakanku
Sudah tidak ingat lagi
Hingga engkau
Tidak ingat lagi padaku

Berilah aku walau hanya selembar
Rontoknya akan rambutmu
Aku akan memakainya
Untuk kujadikan obat penawar


Pallao mepasang boa
Dao dzolo napalla
Bayarappai
Pa'mai macoammu

Sipasa'bi dzi tia tau
Mua' nasipallangi
Anna dissangi
Masara dilaenna

Tenna uliu dzi monge
Naupassandoangi
Apa' ateu
Namuapai tama

Uwondo-ondo nyawau
Upandamo-dzamoan
I'dadzi jannang
Salili mannanungan

Artinya
Engkau pergi aku berpesan
Jangan dulu engkau melupakanku
Nanti kalau sudah terbayar
Semua kebaikanmu terhadapku

Mari kita sama memberi tahu
Kalau kita akan sama berbalik
Agar kita dapat berupaya
Untuk mencari orang lain

Andai kulitku yang sakit
Aku akan mencari dukun
Tapi hati didalam
Hendak aku akan apakan

Kuayun-ayun hatiku
Kuusap dan kubelai
Namun ia tak mau terlena
Akibat rindu berkepanjangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar